Berikut Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas

DOANDROID.ID - Kalian memiliki smartphone xiaomi, tapi cepat panas? tidak perlu cemas dan bingung karena ini adalah sebuah masalah umum yang seringkali terjadi oleh setiap pengguna ponsel android. Terkadang juga kita akan merasa sangat kesal jika baru saja sebentar digunakan tetapi hp xiaomi cepat panas, performa menuru, menjadi lemot hingga baterai menjadi boros.

Banyak sekali cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasinya, karena mungkin sebelum kalian mengunjungi situs ini pasti terlebih dahulu mencari tahu untuk mengatasi hp xiaomi yang cepat panas tersebut. Tetapi setelah melakukan metode yang disarankan hasilnya sangat tidak memuaskan atau bisa dibilang tidak ada efek sama sekali dan tetap smartphone xiaomi masih tetap panas.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas

Tetapi apabila kalian sedang mencari masalah cara mengatasi hp xiaomi cepat panas, tentu anda mengunjungi situs yang tepat sekali, karena dibawah ini ada beberapa penyebab smartphone xiaomi cepat panas yang bisa kalian pelajari dan lakukan untuk mencoba mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas


1. Penggunaan Tidak Wajar

Menggunakan smartphone android yang kita miliki memang sepenuhnya adalah sebuah hak kalian, karena tidak ada seorang pun yang dapat mengatur waktu anda untuk menggunakannya. Spesifikasi xiaomi yang bisa kita bilang sangat bagus tidak pernah lepas untuk bermain game HD sampai lupa waktu bahkan sering juga sampai baterai tersebut kosong. Hal ini memang boleh-boleh saja tetapi apakah kalian tidak memikirkan dampak yang akan ditimbulkan jika bermain ponsel android terus-menerus? bukan hanya cepat panas saja, tetapi juga bisa mengakibatkan kerusakan pada baterai hingga smartphone tersebut.
Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Root
Beberapa pengguna xiaomi seperti redmi 2, redmi 3, redmi note 3 dan tipe lainnya yang memang selalu mengeluhkan suhu pada smartphone yang cepat panas. Padahal jika terjadi sesuatu pada android yang kita miliki tentu saja ini pasti disebabkan kita sebagai pemilik ponsel tersebut, jadi untuk menghindari terjadinya suhu panas yang cepat muncul sebaiknya mulai dari sekarang hentikan aktifitas yang tidak wajar tersebut.

2. Terlalu Memaksakan Jaringan Seluler

Jaringan seluler atau yang biasa kita sebut dengan sinyal ini sangat berguna sekali untuk berkomunikasi secara langsung ataupun internetan. Tetapi jika kalian berada dalam cakupa wilayah yang sinyal dari provider digunakan kurang bagus dan memaksakan untuk internetan tentu saja smartphone android akan semakin bekerja keras demi mendapatkan jangkauan sinyal yang kuat dan stabil.

Performa android inilah yang akan terus-terusan di pompa dan akhirnya kinerja dari smartphone melemah hingga suhu panas tersebut cepat sekali terjadi. Nah sebaiknya kalian tidak terlalu memaksakan untuk mengaktifkan data seluler dengan keadaan sinyal yang lemah, tetapi ada solusi lain untuk bisa berinternetan yaitu coba ganti provider lain yang menjangkau sinyal kuat pada daerah yang saat ini kalian tempati.

3. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Aplikasi pada smartphone memang sama saja seperti perangkat desktop atau sejenisnya yang dapat dioperasikan menggunakan sebuah aplikasi. Dimana setiap aplikasi yang terinstall jika dijalankan tentu saja akan menggunakan ram sebagai akses untuk membuka aplikasi tersebut, nah dengan semakin banyaknya aplikasi maka otomatis kapasitas dari ram yang dimiliki akan semakin berkurang sehinggan membuat hp xiaomi menjadi lemot dan akan cepat panas.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa aplikasi yang berjalan otomatis di latar belakang (background) ponsel yang membuat ruang dari ram semakin kecil. Aplikasi yang diam-diam berjalan otomatis atau settingannya seperti itu biasanya facebook, bbm, whatsapp, gmail dan lainnya. Untuk menghindari suhu panas yang cepat muncul sebaiknya hentikan beberapa aplikasi yang tidak seharusnya berjalan otomatis lagi karena selain untuk menghentikan suhu panas itu timbul tetapi juga dapat menghemat lebih banyak daya baterai android yang tersimpan.
Baca Juga : Tips Memilih MicroSD Yang Bagus dan Berkualitas

4. Menggunakan Kecerahan Layar Maximum

Layar pada smartphone android seperti xiaomi ini memang berfungsi untuk menampilan menu dan lainnya, bahkan ada sebuah istilah mengatakan bahwa "semakin cerah maka akan semakin terlihat jelas" tetapi ini tidak untuk perangkat android. Karena ini adalah sebuah kebalikannya yaitu dapat membuat hp xiaomi cepat panas dan baterai menjadi lebih boros. Jika kalian mengatur kecerahan/kontras yang maximun sebaiknya rendahkan kontras tersebut supaya tetap adem dan akan lebih menghemat baterai android.

5. Overlock Pada Xiaomi

Beberapa pengguna smartphone android khususnya pada hp xiaomi, melakukan overlock guna mendapatkan performa yang baik dan supaya tidak terjadi lag/lemot saat bermain game ini sering dilakukan meskipun ada dampak positifnya. Tetapi apakah kalian sudah tahu dampak negatif dari melakukan overlock tersebut? tentu saja akan membuat hp android cepat panas bahkan bisa overheating (hp menjadi hang) dan sering restart sendiri. Sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum overlock pada ponsel android yang kalian miliki saat ini.

6. Mengaktifkan Banyak Fitur Tidak Penting

Fitur pada smartphone ini meliputi bluetooth, wifi, gps, hotspot dan sebagainya yang biasanya aktif pada saat kalian baru membeli hp ataupun flashing android. Nah fitur inilah yang sebagian besarnya tidak digunakan atau sering dipakai, misalkan pada gps android yang selalu aktif padahal kita sehari-harinya tidak menggunakan fitur tersebut dan sudah pasti akan membuat hp cepat panas, baterai boros dan kuota cepat habis karena lokasi selalu diperbaruhi pada saat kita berpindah tempat.

Coba kalian cek kembali pada menu status bar atau pengaturan ponsel apakah sudah benar-benar dinonaktifkan atau belum, dan saran saya jangan gunakan fitur yang jarang digunakan sebaiknya dinonaktifkan saja supaya lebih banyak menghemat.


7. Versi MIUI Belum di Perbarui

Pada penyebab dan cara mengatasi hp xiaomi cepat panas bisa saja disebabkan karena pada os android xiaomi tersebut masih menggunakan versi lama yang artinya fitur yang diberikan belum semuanya dapat kita akses. Pada hp xiaomi ini menggunakan os android miui sebagai sistem operasi sekaligus rom pada hp tersebut, jika anda merasa menggunakan miui versi lama silahkan cek dan perbarui versi android tersebut supaya bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan lainnya yang terbaru.
Baca Juga : Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag dan Lemot (100% Work)
Nah itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas, semoga pada artikel yang saya share kali ini dapat membantu kalian untuk mengatasi masalah umum yang sering terjadi, karena saya pun tahu bagaimana rasanya jika hp android cepat panas yang akan membuat daya baterai cepat habis juga.

Click to comment