Cara Mengatasi BBM Yang Sering Force Close

DOANDROID.ID - Cara Mengatasi BBM Yang Sering Force Close, aplikasi sosmed yang satu ini memang sudah populer sejak lama, dimana penggunanya sudah ratusan juta. Aplikasi yang kita kenal dengan singkatan BBM (Blackberry Messenger) ini pun pada awalnya hanya dapat digunakan oleh ponsel blackberry saja. Dengan berjalannya waktu dan berkembang pesatnya teknologi yang canggih kini bisa aplikasi ini bisa dapat digunakan pada beberapa perangkat seperti smartphone android.

Pengguna bbm di indonesia sendiri sudah banyak sekali pengguna android yang menginstall aplikasi bbm, dan para produsen ponsel pun biasanya sudah menyediakan aplikasi bbm di sistem android tersebut. Saat ini bbm sendiri telah meluncurkan beberapa fitur terbaru seperti penambahan item, bbm channel, hingga dapat membeli pulsa hp atau listrik melalui aplikasi bbm saja.

Cara Mengatasi BBM Yang Sering Force Close

Tampilannya yang kini sudah sangat sederhana mulai dari perubahan navigasi menu yang sudah dibuat menjadi user friendly, tetapi dibalik itu semua memiliki sebuah kekurangan yaitu ada beberapa pada ponsel yang mengalami Force Close "Sayangnya BBM Telah Berhenti". Hal ini sangat membuat kita sangat kecewa sekali, padahal baru saja diperbarui tetapi malah menjadi seperti ini tidak dapat digunakan lagi.

Tetapi kalian tidak pernah menyerah untuk memperbaiki aplikasi bbm yang force close tersebut dan mencari solusi bagaimana cara mengatasi bbm yang sering force close dan menemukan artikel ini. Terkadang kita tidak pernah tahu apa yang menyebabkan aplikasi tersebut error, tetapi disini saya sebelum memberikan cara memperbaiki bbm yang error terlebih dahulu kalian harus mengetahui apa penyebab yang membuat aplikasi bbm error tidak bisa dibuka.


Beberapa Penyebab BBM Yang Sering Force Close Pada Smartphone

Mengetahui dan menganalisa beberapa masalah terkadang cukup rumit, karena kita tidak tahu pasti apa penyebab utamanya. Tetapi hal ini memang perlu kita lakukan supaya akan ketemu jalan keluar dari masalah cara mengatasi bbm keluar sendiri (Force Close) tersebut. Oleh karena itu saya telah mencari tahu penyebab yang sering terjadi dan sudah menjadi masalah umum sekali pada pengguna smartphone android.

  • Aplikasi BBM Masih Versi Lama
  • Tidak Pernah Membersihkan Android
  • Versi OS Android Belum di Perbarui
  • Smartphone Terinfeksi Virus
  • Menggunakan Aplikasi Tidak Resmi (BBM Mod)
  • Perizinan Aplikasi BBM Belum di Aktifkan

Nah dari beberapa penyebab bbm yang sering keluar sendiri memang bukan hanya terjadi pada diri kalian saja, melainkan beberapa user android lainnya. Nah sekarang kita akan memulai cara memperbaiki aplikasi yang force close pada smartphone android.

Cara Mengatasi BBM Yang Sering Force Close


1. Coba Matikan dan Cabut Baterai Android

Jika aplikasi bbm error silahkan kalian mencoba untuk mematikan saya pada android dengan mencabut baterai dan memasangnya kembali jangan lupa untuk dihidupkan. Biasanya ini dapat membantu untuk mengatasinya karena pada beberapa smartphone yang kinerjanya kurang optimal hal ini sering terjadi. Bila perlu selain mencabut baterai, kalian juga dapat mencopot sim card dan memory card yang terpasang di smartphone android.

2. Memperbarui Aplikasi BBM

Biasanya pada beberapa aplikasi yang sudah lama atau versi sebelumnya ini memang akan terjadi error karena beberapa sistem aplikasi tersebut sudah tidak ada karena telah diperbarui oleh pengembang. Jadi apabila kalian masih menggunakan bbm versi lama silahkan dapat memperbaruinya terlebih dahulu lewat google playstore, dan mencoba untuk membuka kembali.

3. Menggunakan BBM Resmi

BBM Modifikasi atau biasa sering kita kenal sebagai BBM Mod ini memang sangat menarik sekali, karena tampilannya yang dapat dirubah menjadi lebih menarik supaya enak untuk dipandang, karena pada aplikasi bbm resmi kita tidak dapat merubah baik itu dari tampilan dan menu navigasinya. Tetapi dibalik itu semua pada bbm mod tersebut biasanya sering terjadi error atau tidak dapat dibuka karena ada beberapa file yang berbeda dari aplikasi asli. Oleh karena itulah kalian dapat menggunakan bbm resmi yang dibuat oleh pengembang asli, karena memiliki pembaruan dibandingan bbm mod yang tidak pernah ada pembaruan.

4. Perbarui OS Android

OS atau kepanjangan dari Operation System pada perangkat android ini sangat penting sekali untuk selalu di update ke versi terbarunya. Tidak hanya pada aplikasinya saja yang harus diperbarui namun pada perangkat smartphone kalian juga harus untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur terbaru. Silahkan kalian dapat memperbaruinya dengan cara masuk ke Pengaturan ponsel lalu cari Tentang Ponsel dan pilih Periksa Pembaruan System maka akan secara otomatis perangkat android kalian diperbarui dan tunggu sebentar saja.


5. Membersihkan Perangkat Android

Nah pada bbm yang error ini bisa saja terjadi karena kalian tidak pernah membersihkan android dari cache dan file sampah lainnya sehingga sudah sangat menumpuk dan mengganggu kinerja android serta mempengaruhi pada aplikasi yang terinstall. Dengan menumpuknya cache tersebut tentu akan membuat beberapa aplikasi mencari error dan tidak bisa dibuka termasuk pada bbm, coba kalian membersihkannya menggunakan aplikasi penyapu (cleaner) yang sudah terinstall di android dan jika belum memilikinya maka dapat mendownloadnya di google playstore dengan banyak pilihan aplikasi.


6. Membersihkan Data & Cache BBM

Dengan kalian membersihkan cache menggunakan aplikasi saja tidak cukup, karena biasanya pada beberapa smartphone masih mengalami error pada aplikasi. Cara Mengatasi BBM Yang Sering Force Close selanjutnya adalah kita dapat membersihkan data dan cache dari aplikasinya langsung dengan cara seperti ini masuk ke Pengaturan lalu silahkan cari Aplikasi dan akan ada beberapa menu, kalian dapat memilih Aplikasi Terinstall dan cari BBM setelah itu pilih Hapus Data & Cache.

7. Mengelola Perizinan BBM

Nah pada cara terakhir untuk memperbaiki bbm yang error adalah kita dapat mengatur izin dari aplikasi yang kita install. Biasanya pada smartphone xiaomi ini memang wajib sekali dilakukan karena jika tidak maka sampai kapan pun tidak bisa dibuka sebelum mendapatkan izin dari perangkat smartphone tersebut. Jika ponsel kalian memiliki pengaturan perizinan maka dapat mengatur aplikasi yang tidak bisa dibuka seperti bbm ini ya.

Nah sangat mudah sekali bukan ulasan tentang Cara Mengatasi BBM Yang Sering Force Close, jadi jika kalian mengalami kejadian seperti bbm tidak bisa dibuka, force close, muncul pesan error "Sayangnya Bbm Terlah Berhenti" dapat melakukan tips diatas.

Silahkan Baca :
Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag dan Lemot (100% Work)
Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Root
Tips Memilih MicroSD Yang Bagus dan Berkualitas

Click to comment