Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Root

DOANDROID.ID - Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Root, Mungkin kalian pernah merasakan bahwa semakin lama smartphone digunakan maka akan semakin cepat habis juga daya baterai yang dipakai. Padahal pada saat kalian baru membeli ponsel tersebut tentu daya baterainya biasa saja dan masih tetap awet meskipun dipakai berlama-lama. Ekspresi raut wajah anda pasti akan cemberut dan merasa kesal jika daya baterai android cepat habis padahal baru saja di charger dan menggunakannya sebentar.

Kalian tidak tahu bahwa dibalik itu semua tentu ada sebuah masalah yang mendasari hal tersebut terjadi yaitu faktor usia baterai android sudah tidak dapat bertahan lama jika digunakan. Hal ini tentu akan membuat kalian bingung, kok baterai android juga memiliki usia ya? Memang benar sekali biasanya umur baterai inilah yang akan menentukan daya tahan dari baterai tersebut, sebab itu semua akan mempengaruhi daya yang tersimpan pada smartphone android kalian.

Cara Kalibrasi Baterai Android

Kalian juga tidak pernah menyadari bahwa umur baterai android yang sudah tidak lama lagi itu disebabkan oleh diri kalian sendiri. Biasanya pengguna android pasti pernah melakukan atau sering kehabisan daya baterai hingga 0%. Hal inilah yang akan membuat usia baterai semakin berkurang, jadi Cara Kalibrasi Baterai Android dengan baik dan benar ini saya bagikan kepada kalian yang mengalaminya.

Sebenarnya cara menghemat baterai android saja tidak cukup, karena ada yang perlu harus kalian perhatikan supaya baterai android kalian tetap awet dan tahan lama meskipun sudah dimakan usia. Kalian juga pasti pernah mencari solusi untuk hemat baterai android yang boros tetapi hasil yang terjadi tidak begitu memuaskan silahkan kalian dapat mencoba tips ini dengan melakukan kalibrasi baterai android supaya awet dan bertahan lama.


Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Root

Sebelum kita masuk ke tahap kalibrasi baterai android, apakah kalian sudah melakukan rooting atau belum? karena untuk kita melakukan kalibrasi baterai android kalian juga tidak perlu di root, oleh sebab itu hal yang paling pertama yang harus dilakukan adalah coba mencari dan kenali kondisi baterai smartphone. Biasanya ciri-ciri ini dapat terlihat dengan kasat mata seperti kondisi baterai sudah menggelembung, bocor dibagian baterai ataupun retak.

Setelah kalian memeriksa fisik baterai android dan sama sekali normal tidak ada gejala diatas maka sekarang kita akan memulai Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual sebeb ponsel kalian belum di root.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Sudah saya katakan sebelumnya, pada postingan cara kalibrasi baterai ini kita tidak memerlukan yang namanya akses root pada android. Jadi kita melakukannya dengan cara manual yang pastinya baik dan aman untuk dilakukan, dan beberapa ini bagaimana kita melakukannya.
  1. Silahkan mengisi daya baterai android hingga benar - benar penuh dan presentasinya sudah menunjukan 100%, kemudian silahkan matikan ponsel tersebut.
  2. Pastikan smartphone sudah benar benar mati dan bila perlu cabut dan pasang kembali baterai android, lalu hubungkan charger ke ponsel dan lihatlah indikator baterai pada android, akan lebih mudah mengetahui apakah sudah terisi penuh atau belum biasanya pada hp sony experia yang akan menunjukan lampu LED dibagian atas.
  3. Jika pengisian daya baterai sudah penuh, maka silahkan hidupkan dengan menekan tombol power dan jangan lupa juga untuk charger kembali dan tunggu sampai full.
  4. Pada langkah selanjutnya jika memang sudah penuh silahkan dapat menggunakan hp tersebut dan jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal yang dapat menguras daya baterai cepat habis seperti menggunakan wifi atau data seluler, streaming, main game dan sebagainya sampai benar-benar baterai hp 0%.
  5. Dalam keadaan mati tanpa daya baterai yang tersisa, maka dapat men-charger kembali dan tunggu sampai baterai penuh lagi.
  6. Jika memang sudah 100% penuh silahkan dapat menggunakan ponsel tersebut dan sebaiknya gunakan sewajarnya saja tidak berlebihan ya, dan ini yang dinamakan cara kalibrasi baterai android tanpa root, memang sedikit sulit untuk dimengerti tetapi hasilnya sangat memuaskan sekali loh.

Cara Kalibrasi Baterai Android Menggunakan Aplikasi

Untuk cara kalibrasi baterai hp android yang selanjutnya yakni kita menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Battery Calibration yang bisa kalian unduh di google play store atau di situs lain dengan gratis. Perlu kalian ketahui bahwa untuk cara yang satu ini kita memerlukan akses root dinama hp android sudah dalam keadaan rooting ya.

Aplikasi yang satu ini pun cukup membantu dan banyak pengguna android yang menanggapinya dengan baik (positif) mengenai apk yang satu ini. Bagaimana tidak, karena Battery Callibration Apk ini dapat membantu menambah usia baterai android yang sebelumnya cepat habis dan setelah menggunakan aplikasi tersebut daya baterai kembali normal dan menjadi semakin awet.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah karena tidak perlu langkah awal yang harus saya jelaskan seperti pada Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root yang telah saya jelaskan sebelumnya. Tetapi perlu di ingat juga bahwa sebelum melakukannya diwajibkan bagi kalian untuk mengisi daya baterai sampai penuh supaya hasilnya dapat memuaskan.

Setelah terisi dan kalian juga dapat membuka aplikasi tersebut lalu akan muncul tampilan dan tulisan yaitu Calibrate dan pilih itu, selanjutnya dapat melepaskan charger dari ponsel. Jika sudah maka dapat menggunakan smartphone kesayangan dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat membuat umur baterai cepat berkurang dengan kata lain gunakan ponsel tersebut dengan normal dan tidak lupa juga untuk menghabiskan daya baterai sampai benar benar kosong.

Apabila sudah habis, maka dapat mengisinya kembali sampai full, jika sudah penuh maka dapat mengaktifkan kembali smartphone android dan akhirnya selesai cara kalibrasi hp android dengan aplikasi.

Bagaimana apakah Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Root tersebut terlihat sulit? tetapi itulah cara yang paling mudah dan sederhana untuk dapat kita melakukan kalibrasi baterai.

Click to comment