7 Tips Jitu Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Tips Jitu Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas - Smartphone yang kini telah menjadi alat untuk berkomunikasi yang digunakan oleh seluruh masyarakat diberbagai negara ini telah banyak sekali yang memilikinya. Dengan banyaknya pengguna android tak pernah lepas juga masalah yang sering terjadi seperti pada artikel ini yang akan membahas tentang Cara Mengatasi Hp Cepat Panas.

Dari masalah tersebut ponsel yang Overheat atau cepat panas tentu sangat tidak menyenangkan sekali saat kita menggenggamnya. Karena ada hawa hangat dan cukup panas inilah yang mengganggu kalian saat bermain dan menggunakan smartphone tersebut. Kalian juga pasti pernah berfikir kenapa hp cepat panas? dan jawaban dari itu pun tentu saja yang sedang kalian cari untuk mengatasinya.

Tips Jitu Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Bahkan ada kejadian  yang mengalami smartphone android panas itu sampai meledak dan terbakar, akibat dari itu semua tentu saja sangat membahayakan sekali bagi si pemilik hp android tersebut. Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya hp sering panas tersebut? Tentu ada cara untuk membuat ponsel tersebut tetap dengan suhu yang normal dan sangat aman untuk digunakan.

Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh kalian juga harus mengetahui dan mengenali apa saja yang dapat menyebabkan hp cepat panas tersebut. Karena kita tidak akan bisa menyelesaikan masalah tanpa adanya penyebab utama, jadi dibawah ini ada beberapa penyebab hp cepat panas yang harus kalian ketahui.

Beberapa Penyebab Hp Cepat Panas Yang Harus Diketahui


  • Terlalu lambat atau sangat lemot sekali saat dioperasikan.
  • Baterai android sudah tidak layak lagi untuk dipakai (rusak)
  • Banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan
  • Pada saat mode pengisian baterai hp android masih tetap digunakan
  • Penggunaan data seluler pada android berlebihan
  • Selalu menggunakan wifi untuk jaringan internet gratis
  • Sering digunakan tanpa ingat waktu
  • Banyak aplikasi yang terinstall
  • Spesifikasi kurang bagus
  • dan lainnya

Dari beberapa penyebab utama yang telah saya berikan tentu saja bukan berarti kita harus memperhatikan hal itu saja, karena jika kita berdiam diri dan tidak melakukan apa apa tentu saja tidak akan segera teratasi. Cara mengatasi smartphone cepat panas ini sebenarnya cukup mudah untuk kita lakukan, karena pada dasarnya adalah ini sebuah kesalahan yang dibuat oleh pemilik dan pengguna smartphone tersebut. Jadi sebenarnya kondisi hp android kalian itu benar benar baik-baik saja dan seperti inilah bagaimana cara mengatasi hp android cepat panas.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas Dengan Mudah


1. Menggunakan Smartphone Dengan Wajar

Untuk dapat mengatasi suhu panas tersebut muncul, kita sebagai orang yang memakai ponsel tersebut juga harus menggunakannya dengan wajar. Penggunaan yang tidak normal inilah yang sering dilakukan oleh banyak orang seperti memakainya berlebihan dan tidak pernah melepaskan smartphone tersebut. Terlebih lagi jika kalian sangat senang bermain game dan pasti akan menyebabkan hp android panas saat bermain game.

Nah dari sinilah kita harus tahu bahwa penggunaan smartphone yang baik akan menimbulkan dampak yang baik juga. Dengan menggunakan ponsel yang sesuai dengan buku panduan pada saat kalian membeli smartphone tersebut tentu juga tidak akan terjadi masalah apapun saat kalian menggunakannya. Jadi intinya kalian jangan terlalu sibuk pada hp android karena selain dapat merusak ponsel tersebut tentu juga kurang bagus sekali untuk tubuh dan lainnya.

2. Periksa Baterai Hp Android

Pada komponen android untuk dapat dihidupkan yaitu menggunakan baterai sebagai alat untuk menyimpan daya listrik pada android. Tetapi, beberapa orang banyak sekali yang mengabaikan begitu saja dan tidak mementikan kesehatan baterai tersebut, jika sudah rusak tentu saja arus listrik yang dialirkan tidak sesuai dan tidak normal. Nah dari arus yang dialirkan yang tidak normal tersebut tentu saja akan membuat hp android cepat panas dan cepat habis saat kita gunakan.

Biasanya baterai yang sudah tidak layak dipakai ini bisa kita lihat dari kasat mata yaitu sudah menggembung, dari situ kita dapat memastikannya. Tetapi selain itu juga kita dapat memperhatikan dan menganalisanya sendiri, karena bukan hanya dari segi fisik baterai, melainkan pada saat digunakan apakah masih normal atau tidak. Karena bisa saja pada fisik dari baterai itu tidak menggembung dan pada saat digunakan itu ternyata masih cepat habis, jadi periksalah kembali ya.


3. Menonaktifkan Data Seluler

Data seluler pada smartphone android ini sangat penting sekali, karena untuk berinternetan kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu untuk dapat terhubung ke jaringan internet pada operator yang kalian gunakan. Entah kenapa banyak sekali orang yang lupa untuk menonaktifkannya jika sudah tidak digunakan, karena hal itu tentu saja akan membuat daya baterai android cepat habis dan muncul suhu panas pada ponsel tersebut. Ini tentu bukan kalian saja yang mengalami kelupaan untuk mematikan data seluler, karena saya dan pengguna lain juga pernah melakukannya.

Namun, setelah saya mengetahui bahwa tidak menutup kembali data seluler tersebut banyak sekali hal yang dapat di timbulkan. Dan dari situlah saya mulai berusaha untuk mematikannya kembali jika sudah selesai online atau beraktifikas internet lainnya. Jadi jika ini terjadi pada kalian jangan lupa juga untuk mematikan data seluler tersebut supaya dapat menghemat baterai android dan tidak terjadi panas lagi.

4. Jangan Membuka Aplikasi Yang Berlebihan

Mungkin akan terasa senang sekali jika kita membuka sekaligus banyak aplikasi yang kita gunakan seperti facebook, bbm, line, whatsapp dan lainnya. Akan tetapi hal tersebut sungguh tidak baik loh karena akan membuat ponsel kita menjadi lemot/hang bahkan bisa merestart sendiri. Kenapa kita tidak boleh membuka aplikasi secara bersamaan? ini dikarenakan setiap app android yang kita jalankan tentu menggunakan ram untuk dapat di buka. Nah jika pada ram tersebut penuh dan kapasitasnya hanya tersisa sedikit tentu saja akan menimbulkan overheat yang artinya adalah smartphone kalian kelebihan performa.

Smartphone akan selalu bekerja dengan baik dan selalu membuat penggunanya akan terasa lebih nyaman, namun jika berlebihan juga tentu kinerja tersebut akan menjadi berlebihan dan membuat hp kalian akan sangat terasa sekali lambat. Jadi saya menyarankan untuk anda janganlah membuka lebih dari 1 aplikasi sekaligus, dan jika ingin membuka apk yang lainnya maka tutuplah apk yang sebelumnya digunakan.

5. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Selain kita tidak dibolehkan membuka aplikasi secara bersamaan kita juga harus membuang beberapa apk android yang sudah tidak kita pakai lagi atau jarang dibuka. Karena penjelasannya sudah saya terangkan diatas, selain membuat suhu baterai tidak cepat panas menguninstall aplikasi di android juga dapat mempercepat kinerja android. Sebab produsen smartphone seperti asus, samsung, xiaomi, advan dan lainnya telah memberikan aplikasi system yang tidak dapat kita hapus, dari app inilah yang membuat ram kita dapatkan semakin kecil karena adanya aplikasi bawaan yang berjalan otomatis. Jadi kita harus menghapus beberapa aplikasi yang mungkin saja tidak digunakan lagi supaya ram yang tersisa akan lebih besar lagi.

6. Jangan Menggunakannya Saat Sedang Mode Pengisian

Ini adalah suatu kebiasaan yang tidak pernah bisa kita lepaskan yakni memainkannya walaupun sedang di-charge (mengisi daya baterai) hal ini tentu sangat tidak baik sekali karena selain daya yang di isi tidak stabil maka akan membuat hp kita menjadi cepat panas. Oleh sebab itu hindari pemakaian pada saat kita sedang mengisi daya baterai dan usahakan juga untuk melepaskan kembali jika waktu pengisian daya tersebut sudah cukup. Ini sangat membantu sekali untuk membuat baterai android menjadi awet dan tidak cepat rusak, selain itu juga tidak memakai ponsel saat di-charge akan membuat daya yang terisi normal dan tidak cepat habis.

7. Mengistirahatkan Smartphone
Jika sudah melakukan cara diatas kalian juga harus sering-sering memberikan waktu untuk ponsel kalian beristirahat. Hal ini sungguh sangat efektif sekali karena akan jika sudah terjadi hp panas maka jika di istirahatkan akan membuat suhu tersebut menurun dan normal kembali. Jadi bukan hanya kita saja yang perlu beristirahat tetapi pada ponsel pun juga harus istirahat ya.

Seperti itu Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas, dan pada intinya adalah kita harus lebih mengutamakan penggunaan yang benar, karena jika kita memakainya tidak wajar atau sembarangan tentu ada dampak lain yang dapat di timbulkan dan bukan hanya itu saja namun juga dapat membuat hp android cepat rusak juga loh, terima kasih.

Baca Juga:

Click to comment