12 Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas atau Second

Tips Cara Memilih Hp Bekas Yang Bagus dan Berkualitas - Sudah banyak beredar forum, group maupun toko online jaul beli hp yang berkembang begitu cepat. Dari sinilah masyarakat berduyun-duyun mencari hp second yang harganya murah namun kualitasnya masih bagus, dalam cara memilih smartphone bekas yang masih bagus dan layak untuk dipakai tentu sangat sulit sekali, sebab ada beberapa faktor yang harus kalian ketahui dalam membeli hp murah dan bagus.

Smartphone android kini telah banyak sekali yang menggunakan perangkat canggih tersebut, dari berbagai jenis merek hp pada saat ini produsen smartphone seperti samsung, asus, advan, xiaomi, dan lainnya bersaing ketat baik itu dari kualitas, fitur, hingga harga yang mereka tawarkan. Membeli hp android yang baru tentu saja harganya cukup terbilang mahal, karena pada saat ini smartphone android dengan harga baru yang paling murah saja sudah mencapai Rp. 500,000 untuk spesifikasi yang terbilang rendah.

Tips Membeli Smartphone Android Bekas

Membeli hp second yang masih bagus dan berkualitas inilah yang akan dicari, sebab selain harganya yang murah, tentu saja kita bisa mencari smartphone android dengan fitur dan spesifikasi yang bagus. Tetapi supaya anda tidak tertipu pada saat beli hp android bekas, pada kali ini saya membagikan tips cara membeli hp bekas yang masih bagus serta masih layak untuk dipakai.

Beberapa orang yang pernah membeli smartphone android second, tentu saja juga mereka pernah salah dan tertipu karena tidak mengetahui hp android itu bagus atau tidak. Biasanya mereka hanya melihat dari merek, tampilan luar dan dalam serta apakah masih ada segel baud atau tidak. Ini juga sangat penting karena bagian dari cara memilih hp second, akan tetapi masih ada banyak tips sebelum membeli hp android bekasi yang masih bagus.
Baca Juga : Tips Memilih Power Bank Yang Baik dan Berkualitas
Terlena dengan harga android murah tentu saja itu sudah pasti, tetapi belum dapat kita pastikan apakah hp android murah itu bagus atau tidak. Hal yang paling utama selalu kita perhatikan dalam jual beli hp murah ini tentu melihat dari kondisi barang tersebut, apakah mesinnya masih bandel dan spesifikasi hpnya masih bagus. Oke mari kita cari tahu tips sebelum membeli hp android bekasi yang bagus dan berkualitas agar tidak tertipu pada saat membelinya, dan dibawah ini telah saya rangkum.

Tips Cara Memilih Hp Android Bekas / Second yang Masih Bagus


1. Cek Bagian Luar (Body) Ponsel

Mengecek kondisi luar dari body ponsel tersebut sangat penting dan berpengaruh terhadap harga yang akan ditawarkan. Karena biasanya orang menjual hp seken tersebut memiliki body yang sudah rusak, retak, atau cacat dan oleh sebab itu mereka menjualnya supaya mencari lagi yang masih bagus. Hati-hati dalam membeli smartphone dengan kondisi yang seperti ini, karena body hp yang rusak ini bisa saja disebabkan karena jatuh dari ketinggian dan bahkan sering menjatuhkan ponsel tersebut. Jika sering terbentur, maka besar kemungkinan juga hp tersebut ada beberapa mesinnya yang sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik, jadi tetap teliti dalam memilih smartphone bekas.


2. Cek Segel Smartphone

Setelah kalian mengecek bagian body ponsel, maka jangan menjadikan hal itu sebagai yang paling utama dan tidak memikirkan yang lainnya. Karena bisa saja mereka mengganti body tersebut supaya masih terlihat bagus dan masih baru tetapi kondisinya sudah sangat buruk, nah oleh sebab itu mengetahui segel yang terdapat pada bagian baud ini juga penting. Biasanya jika sudah tidak memiliki segel tentu saja smartphone tersebut sudah pernah dibongkar entah itu pernah rusak dan diservice atau lainnya. Cobalah buka penutup baterai yang ada dibagian baterai android dan periksa apakah masih tersegel atau tidak, hal ini untuk memastikan apakah komponen smartphone masih bawaan atau sudah pernah diganti.

3. Cek Spesifikasi Smartphone Android

Jika sudah memeriksa di bagian luar sekarang kita beralih kebagian dalam yaitu spesifikasi pada hp tersebut. Mengetahui spesifikasi android ini mungkin bisa kita cari di internet sebelum membeli hp bekas, tetapi jika tidak sempat maka dapat memeriksanya secara langsung mulai dari ram, cpu, memori penyimpanan, os android, koneksi internet, kamera, serta laya pada android. Nah dengan mengetahui keseluruhan secara langsung inilah kita akan tahu apa kekurangan dan kelebihan smartphone tersebut, misalkan kalian mengutamakan kelebihan pada kamera dan pasti mencari hp second dengan kamera yang bagus.

4. Cek IMEI Smartphone Android

Mengetahui nomor imei pada hp android itu adalah cara memilih hp bekas yang bagus dan bekualitas. Karena pada imei ini akan membuktikan apakah hp itu masih asli atau tidak, biasanya smartphone yang tidak memiliki nomor imei itu barang palsu, sudah pernah di oprek dan mengganti rom system. Jika pada smartphone tersebut masih memiliki dusbok maka silahkan mencocokannya pada dusbok dengan yang ada di android yaitu dibelakang baterai. Selain itu juga untuk mengetahui keaslian android kalian dapat menekan tombol *#06#* untuk mengetahui IMEI Android, karena semua smartphone asli dapat mengakses kode tersebut.

5. Cek Speaker / Suara Smartphone
Tips sebelum membeli smartphone bekas selanjutnya yaitu kita dapat mengetahui apakah speaker suara yang ada di ponsel tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Suara ini sangat penting karena jika sudah tidak bagus maka hasil suara dari kita menelfon atau mendengarkan musik tersebut biasanya tidak bagus lagi. Coba kalian melakukan panggilan ke operator jaringan dan silahkan tes speaker untuk mendengarkan musik dengan mencoba memutar satu lagu atau mengganti ringtone smartphone.
Baca Juga : 7 Tips Jitu Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

6. Cek Layar Sentuh (Touchscreen) Smartphone

Untuk kita dapat menggerakan dan memilih menu yang terdapat di android tentu saja melalui touchscreen, jika sudah tidak berfungsi dengan baik biasanya suka bergerak sendiri atau susah untuk di gerakan. Dengan kita memeriksa kondisi layar sentuh inilah kita dapat mengetahuinya dengan cara memasukan kode ussd *#*#2664#*#* pada panggilan android.


7. Cek Sinyal Pada Smartphone

Nah pada tips penting lainnya adalah mengetahui sinyal yang terdapat pada hp yang mau kita beli, jangan sampai kita tida teliti karena hal sekecil apapun kita tidak dapat menukar/mengembalikan barang yang sudah dibeli. Dengan memeriksa sinyal maka kita bisa tahu juga jenis jaringan apa yang digunakan misalkan 3G HSPA atau 4G LTE dan selain itu juga apakah hp tersebut dapat mendeteksi sinyal yang kuat. Kalian dapat melakukan pemeriksaan ini dengan cara coba masukan simcard ke ponsel tersebut silahkan aktifkan data seluler apakah masih berfungsi atau tidak.

8. Cek Kondisi Baterai

Pada langkah selanjutnya dalam kita memilih hp bekas ini adalah cek kondisi yang ada pada baterai baik itu dari fisik maupun daya yang dihasilkan. Kondisi baterai ini begitu penting karena bisa saja mereka sudah pernah mengganti yang original dengan yang palsu. Kalian juga dapat melihat kondisi tersebut dari bagian luar dan berapa besar kapasitas dari daya tersebut, selain itu juga silahkan cek jika hp tersebut menyala dan coba mainkan sebentar apakah cepat berkurang atau masih awet, karena biasanya kondisi yang sudah rusak atau kapasitasnya kecil kita menggunakan smartphone sebentar tetapi sudah bekurang beberapa persen dari daya baterai tersebut.


9. Cek Kelengkapan Ponsel

Kelengkapan pada saat kita membeli hp second ini begitu berpengaruh untuk harga, karena jika tidak memiliki kelengkapan atau ada yang kurang tentu saja harganya bisa kita tawar. Kelengkapan ini meliputi charger, dusbok, headset, buku panduan dan lainnya. Misalkan tidak memiliki charger dan kalian harus membelinya sendiri, ini tentu akan membuat kalian rugi karena charger bawaan android itu penting dibandingkan dengan yang lainnya. Jika kalian membelinya yang baru dan tidak tahu berapa tegangan yang ada pada ponsel tersebut tentu akan membuat pengisian daya baterai menjadi lama, silahkan baca artikel Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Android.

10. Mengetahui Harga Pasaran Android

Nah jika sudah kita memeriksa pada bagian smartphone selanjutnya, kita dapat mencari tahu berapa harga pasaran pada hp tersebut. Misalkan harga hp bekas samsung galaxy v untuk pasarannya Rp. 500.000 itu dengan kondisi yang masih bagus dan mulus tanpa ada kekurangan apapun baik itu dari kelengkapan dan sebagainya. Jadi sebelum membeli hp bekas hendaknya kita mencari tahu terlebih dahulu harga pasarannya baik itu harga hp baru maupun bekas.

11. Mengetahui Smarphone Asli atau Palsu

Nah cara membeli hp second lain yang terpenting juga keaslian dari hp android tersebut, jangan sampai kita mendapatkan hp replika atau smartphone tiruan, karena sekilas dari tampilan fisik dan menu yang terdapat itu sama persis dan yang membedakannya adalah rom android yang digunakan. Biasanya jika android palsu tersebut menggunakan rom system yang bukan dari pihak aslinya yakni, dari pihak lain, kalian dapat cek di Pengaturan lalu cari dipaling bawah Tentang Ponsel dan dapat melihat jelas pada bagian tersebut..

12. Melakukan Testing Smartphone

Nah pada tahap terakhir kita dapat melakukan test hp android tersebut secara lebih menyeluruh, apakah seluruh fungsi yang ada pada android itu masih baik atau tidak. Seperti pada bluetooth, wifi, setelan jaringan, kartu sim dan lainnya. Hal ini supaya kita lebih teliti lagi sebelum membeli hp android bekas, kalian juga jangan lupa untuk memeriksa rom ponsel tersebut supaya dapat memastikan bahwa hp tersebut masih menggunakan rom bawaan dari pabrik.
Baca Juga : Tips Memilih Smartphone Yang Baik dan Murah
Seperti itu cara memilih smartphone android bekas jika kalian mempunyai keinginan membeli hp bekas, karena artikel 12 Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas atau Second akan membuat kalian sadar dan tahu begitu pentingnya jika kita teliti dalam membeli sesuatu seperti hp android ini, selain itu juga kita terhindar dari maraknya penipuan yang marak terjadi, terima kasih.

Click to comment